Kamis, 15 September 2016

Contoh RPP Matematika Kelas VIII

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

            SEKOLAH                          : SMP NEGERI 1 BILAH BARAT
            MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA
            KELAS/SEMESTER          : VIII/2

Standar Kompetensi :   Geometri  dan pengukuran
                                      4.  Menentukan unsur-unsur ,bagian lingkaran serta ukurannya.

Kompetensi Dasar      :4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

Indikator :         1.  Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
                          2.  Menghitung keliling dan luas lingkaran

Alokasi Waktu : 2 Jam pelajara (1 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
2.      Siswa dapat menghitung keliling dan luas lingkaran

B. MATERI AJAR
1.      Keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah

C.     METODE PEMBELAJARAN
Diskusi kelompok, dan penemuan

D. Alat dan Bahan : karton, rol, jangka, gunting, lem, kertas plano,

E.  LANGKAH LANGKAH KEGIATAN
      Pendahuluan
      Apersepsi :  Mengingat kembali tentang nilai p =
      Motivasi   :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa mempelajarai rumus keliling dan luas lingkaran
      
      Kegiatan Inti
      a    Guru  membentuk kelompok  siswa
      b.   Guru meminta siswa mengingat kembali tentang nilai p =
     c.    Siswa menemukan rumus keliling lingkaran yaitu K = pd atau K = 2pr
d.   Siswa membuat model lingkaran dan membuat juring-juring dengan sudut-sudut tertentu.
e.   Secara berkelompok siswa diminta menyusun juring-juring lingkaran disusun menjadi bidang datar sedemikian rupan hingga membentuk sebuah persegi panjang.
f.    Siswa diminta mendiskusikan pada kelompoknya untuk menemukan rumus luas lingkaran berdasarkan juring yang telah dibentuk menjadi bidang datar : L = pr2
g.   Guru mengarahkan siswa untuk ke lapangan sekolah menemukan benda berbentuk lingkaran kemudian mencari keliling dan luas lingkaran.
h.   Siswa membuat hasil diskusi di kertas plano untuk dipresentasikan.
i     Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, ,kelompok lain diminta untuk menanggapinya
    
 Penutup 
            a.       siswa melakukan kunjung karya untuk memberi komentar pada hasil diskusi yang dipajangkan.
            b.      Siswa dan guru melakukan refleksi
            c.       Guru memberikan reward terhadap kelompok yang aktif
            d.    Guru memberikan tugas tentang keliling dan luas lingkran


F.   PENILAIAN
      Tekhnik : tes
       Bentuk instrumen : Pertanyaan tertiulis
      (terlampir pada lembar kerja)

                                                                                                  



                                                                                                   Rantauprapat,  Agustus 2016
                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


                                                                                                   Sintong Nainggolan
                                                                                                   
     



Lembar Kerja (LK)

        A.    Menentukan rumus keliling lingkaran.
1.      Text Box: p = K/d maka, K= . . . . 

Jika p =  maka, K= . . . .









2.      Jika d= 2r maka, rumus keliling lingkaran yang berjari-jari (r ) adalah :
 












B.     Menentukan rumus Luas  Lingkaran

1.      Gambarlah sebuah lingkaran dengan jari-jari r, kemudian bagilah lingkaran tersebut atas beberapa juring.








Susunlah juring-juring lingkaran tersebut sedemikian sehingga membentuk persegi panjang !








Berapa panjang sisi bagian atas ?
......................................................................................................................................
Berapa panjang sisi bagian bawah?
......................................................................................................................................
Berapa lebar bangun tersebut ?
......................................................................................................................................
Luas bangun tersebut adalah :
L = p ´ l
    = ....................................................................................................
     =   ...................................................................................................
     =   ...................................................................................................


c.       Siswa-siswa diajak ke lapangan untuk menemukan benda-benda berbentuk lingkaran kemudian menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran untuk menghitung keliling dan luas lingkaran.


1 komentar:

  1. A new game for the old deck of cards | Yannaazwar.com
    Yannaazwar 윈 조이 포커 시세 is the 헐리우드노출 original one 토토 사이트 홍보 게시판 that 바카라 배팅전략 you can play online bet and learn more. You can use your favorite games to play against friends or find new

    BalasHapus